Cek Dulu, Apakah Anda Kurus, Normal atau Gemuk ?


Tujuan diet biasanya untuk menurunkan berat badan yang berlebihan agar kembali menjadi ideal sehingga bisa mempercantik penampilan. Meskipun demikian ada aspek lain yang tak kalah pentingnya ketika seorang wanita melakukan diet, yakni berupaya untuk menjalankan hidup yang lebih sehat.

Karena kelebihan berat badan biasanya akibat asupan makanan yang melebihi kebutuhan kalori, diet dilakukan dengan mengurangi dan merubah pola makan agar kalori yang masuk melalui asupan makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dengan demikian tidak ada kalori yang disimpan menjadi lemak. Sementara disaat yang sama dilakukan pula pembakaran lemak berlebihan dengan meningkatkan aktivitas fisik

Langkah awal sebelum diet adalah mengetahui berapa berat badan ideal, sehingga diketahui berapa berat badan yang harus diturunkan agar bisa mencapai berat badan ideal tersebut. Kalkulator yang paling sering digunakan untuk keperluan itu adalah Body Mass Index atau biasa disebut BMI.

Cara kerja kalkulator BMI didasarkan berapa tinggi seseorang dalam satuan Cm yang kemudian dibandingkan dengan berat badan dalam satuan Kg. Hasilnya merupakan indikasi berupa angka-angka yang mengartikan apakah seseorang tersebut masuk dalam kategori kurus, gemuk, termasuk obesitas atau bahkan sudah memiliki berat badan ideal.

Hasil perhitungan BMU juga menunjukkan seberapa besar resiko seseorang terhadap penyakit. Apabila hail kalkulasi BMI terletak pada 25 atau lebih yang berarti memiliki berat badan berlebihan, mengindikasikan bahwa yang bersangkutan memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung, diabetes type 2 dan beberapa tipe kanker.

Sebaliknya bila angka BMI menunjukkan dibawah 18, maka selain orang yang bersangkutan memiliki resiko tinggi terhadap osteoporosis, kesehatannya pun diindikasikan kurang baik.



Jika perhitungan diatas sudah di dapat, maka selanjutnya masukkan kriteria hasil tersebut ke dalam kategori yang telah disesuaikan dengan pengukuran menggunakan International standard dan Singapore standard untuk orang Asia (Health Promotion Board Singapore):

  • BMI < 18.5 =  berat badan kurang, disarankan untuk meningkatkan olahraga dan makan makanan padat kalori dari jenis complex carbohidrat.
  • BMI 18.5 – 22.9 = berat badan ideal, sangat bagus.
  • BMI 23 – 24.9 = masuk kategori ideal, akan tetapi kategori ini masuk ke dalam kategori warning, sehingga perlu untuk menjaga pola makan dan perbanyak olahraga.
  • BMI 25 – 29.9 = kondisi berat badan memasuki batas obesitas, segera bulatkan tekad untuk mulai program diet.
  • BMI >= 30 = sudah termasuk kategori obesitas, berbagai penyakit siap menghampiri. Segera terapkan program diet lebih serius untuk mengatasinya.


0 komentar:

Posting Komentar